Asal Mula Beladiri Pencak Silat

Assalamu’alaikum, posting saya kali ini adalah Asal Mula Seni Beladiri Pencak silat yang mana merupakan seni bela diri tradisional Nusantara warisan dari pendekar-pendekar hebat sejak zaman penjajahan, seperti; dizaman penjajah Belanda yang mana tercatat para pendekar yang mengangkat senjata, seperti Sultan Agung, Sultan Hasanuddin, Pangeran Diponegoro, Teuku Umar, Imam Bonjol, serta para pendekar wanita, seperti Cut Nyak Dhien. 

Bela diri yang berkembang di Nusantara didasarkan pada upaya pertahanan suku menghadapi musuh, untuk melindungi dan mempertahankan kehidupannya atau kelompoknya dari tantangan alam, termasuk dalam berburu dan berperang dengan menggunakan parang, perisai, dan tombak. Mereka menciptakan bela diri dengan menirukan gerakan binatang yang ada di alam sekitarnya, seperti gerakan kera, harimau, ular, atau burung elang. Silat menyebar di kepulauan nusantara semenjak abad ke-7 masehi. kerajaan-kerajaan besar, seperti Sriwijaya, Majapahit dan kerajaan Gowa disebutkan memiliki pendekar-pendekar besar yang menguasai ilmu bela diri dan dapat menghimpun prajurit-prajurit yang kemahirannya dalam pembelaan diri dapat diandalkan. Bukti adanya seni bela diri bisa dilihat dari berbagai artefak senjata yang ditemukan dari masa-masa klasik serta pada pahatan relief-relief yang berisikan sikap-sikap kuda-kuda silat di candi Prambanan dan Borobudur.

Seni Beladiri Pencak silat adalah olahraga bela diri yang dipengaruhi oleh agama, adat istiadat setiap daerah. Biasanya setiap daerah di Indonesia mempunyai aliran pencak silat yang khas. Misalnya, daerah Jawa dikenal dengan aliran Cimande dan Cikalong, Merpati Putih dan Perisai Diri. Di daerah Sulawesi dikenal dengan aliran Perisai putih, SPUT, Trisula dan Macan terbang. Istilah silat dikenal secara luas di Asia Tenggara, akan tetapi khusus di Indonesia istilah yang digunakan adalah pencak silat. Istilah ini digunakan sejak tahun 1948 untuk mempersatukan berbagai aliran seni bela diri tradisional yang berkembang di Indonesia. Dalam perkembangannya kini istilah "pencak" lebih mengedepankan unsur seni dan penampilan keindahan gerakan, sedangkan "silat" adalah inti ajaran bela diri dalam pertarungan.

Beladiri Pencak Silat juga banyak dipengaruhi budaya-budaya yang dibawah oleh para pedagang atau perantau dari luar mancanegara seperti India, dan Cina. Perkembangan silat secara historis mulai tercatat ketika penyebarannya banyak dipengaruhi oleh kaum penyebar agama Islam pada abad ke-14 di nusantara. Kala itu pencak silat diajarkan bersama-sama dengan pelajaran agama di surau atau pesantren. Silat menjadi bagian dari latihan spiritual.

Seni beladiri kini secara luas dikenal diberbagai Negara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran suku bangsa Melayu Nusantara. Terakhir Vietnam juga telah memiliki pesilat-pesilat yang tangguh berkat peranan para pesilat asal indonesia. Seiring berjalannya zaman seni beladiri pencak silat berkembang pesat dan pada tanggal 18 Mei 1948 terbentuklah IPSI yang sampai saat ini tercatat sebagai organisasi silat nasional tertua di dunia.. IPSI singkatan dari Ikatan Pencak Silat Indonesia merupakan Induk organisasi seni beladiri pencak silat yang mewadahi berbagai perguruan seni beladiri diseluruh wilayah Negara Indonesia. Sedangkan Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa atau Persilat adalah organisasi yang mewadahi federasi-federasi seni beladiri pencak silat di berbagai Negara. Persilat dibentuk oleh Negara Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunai Darussalam atas prakarsa Eddie M. Nalapraya (Indonesia), yang saat itu menjabat ketua IPSI.

Beberapa organisasi silat nasional lainnya antara lain adalah Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia (PESAKA) di Malaysia, Persekutuan Silat Singapore (PERSIS) di Singapura, dan Persekutuan Silat Brunei Darussalam (PERSIB) di Brunei. Telah tumbuh pula puluhan perguruan-perguruan silat di Amerika Serikat dan Eropa. Silat kini telah secara resmi masuk sebagai cabang olah raga dalam pertandingan internasional, khususnya dipertandingkan dalam SEA Games.

Nah demikianlah sekelumit posting mengenai Asal Mula Seni Beladiri Pencak Silat semoga menambah pengetahuan kita khususnya para pecinta beladiri, wassalam.

0 Komentar Blog
Komentar Twitter
Komentar Facebook

0 komentar:

Posting Komentar